Sunday, September 28, 2014

Pengertian dan Manfaat Internet

Pengertian dan Manfaat Internet

Pengertian Internet
Internet (Interconnected Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs di dunia. Internet menyediakan akses situs layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diizinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini mampu bekerja pada segala jenis komputer, tanpa berpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena internet menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut antara lain:
  • Komunikasi berbiaya murah,
  • sumber informasi besar,
  • tantangan baru untuk berusaha,
  • keterbukaan (tanpa sensor), dan
  • jangkauan tidak terbatas.

Di internet, setiap komputer memiliki alamat spesifik berupa alamat/nomor IP seperti halnya dalam jaringan komputer lokal dan tidak boleh ada dua komputer dengan alamat IP yang sama. Alamat IP digunakan untuk alamat pengaksesan. Oleh karena itu nomor IP sulit dihafal, maka diciptakannya suatu sistem penamaan sebagai alternatif pengaksesan berdasarkan alamat IP. Sistem itu disebut Domain Name System (DNS).

Manfaat Internet
Banyak fungsi positif yang didapatkan dari internet dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dan lain-lain). Berikut fungsi positif dari internet:
1. Internet sebagai media komunikasi.
    Internet memiliki beberapa fenomena dan kelebihan sebagai media informasi dan komunikasi dibanding dengan media lain, seperti komunikasi yang didapat lebih mudah, cepat, dan murah dengan jangkauan global.
2. Internet sebagai media promosi
    Misalnya media promosi untuk keperluan seperti Image Company, Pengenalan dan Pemesanan Produk, Registrasi Klien, Jadwal Pengiriman, dan lain-lain.
3. Internet sebagai komunikasi interaktif.
4. Internet sebagai alat research and develoment.
5. Internet sebagai pertukaran data.

No comments: