Sunday, October 19, 2014

Business to Consumer

idEA Member
idEA Members

B2C merupakan bagian dari e-commerce yang biasanya digunakan untuk bertransaksi atau melakukan aktivitas jual beli secara langsung. B2C salah satu model ecommerce yang muncul untuk membantu suatu perusahaan dan konsumen untuk dapat bertransaksi secara elektronik/digital dimana saja dan kapan saja dalam nilai nominal yang tidak besar. Secara garis besar type-type pelayanan B2C terbagi 3 yaitu: Auction Stores, Online Stores, Online Services.

Di Indonesia sendiri perusahaan yang bergerak di bidang B2C dalam e-commerce sudah mulai berkembang dengan pesat. Beberapa contohnya adalah:
Lazada.co.id
(c) http://blog.lazada.co.id/mengulik-sejarah-jejak-perjalanan-lazada-indonesia/
Lazada merupakan salah satu pelaku e-commerce di Indonesia yang cukup disegani walaupun umurnya yang relatif muda. Lazada Indonesia sendiri didirikan pada tahun 2012.

Zalora.co.id
(c) PT Fashion Marketplace
Zalora merupakan perusahaan saudara dari Lazada. Mereka dikendalikan oleh entitas yang sama, yaitu Rocket Internet, sebuah perusahaan yang berasal dari Jerman. Zalora sendiri menyasar segmen yang relatif berbeda dengan saudaranya. Zalora berfokus pada bisnis fashion.

Bhinneka.com
(c) PT Bhinneka Mentari Dimensi
Bhinneka sendiri merupakan salah satu pemain e-commerce yang cukup senior di Indonesia. Operasi bhinneka di Indonesia dimulai pada tahun 1990-an, tepatnya pada tahun 1995 di Jakarta. Bhinneka merupakan salah satu penggagas toko online komputer dan peralatannya pada tahun itu. Sekarang Bhinneka.com melebarkan sayapnya dengan memasuki barang-barang elektronik, dan juga rumah tangga.

tiket.com
(c) PT Global Tiket Network
tiket.com dikelola dan dioperasikan oleh PT Global Tiket Nerwork mulai tahun 2011. Hanya dalam waktu 3 tahun, tiket.com mampu menjadi salah satu pemain utama di bisnis online tiket di Indonesia.
Pada awalnya tiket.com hanya berfokus pada penjualan tiket pesawat udara saja, namun seiring berkembangnya waktu, tiket.com mulai merambah tiket kereta api, hotel, dan event.

Indonesia sendiri sudah memiliki wadah atau asosiasi pelaku e-commerce yang disebut sebagai idEA (Indonesia E-Commerce Association). idEA resmi didirikan pada bulan Mei 2012 di Jakarta. Penggagas idEA terdiri dari 10 perusahaan besar e-commerce Indonesia, yaitu : Berniaga.com, Bhinneka.com, BliBli.com, DealGoing.com, Gramedia.com, Kaskus.us, Multiply.com, Plasa.com, Tokobagus.com dan Tokopedia.com.

No comments: