Saturday, December 27, 2014

Analisa E-Commerce

G. 01 (c) FE Universitas Muhammadiyah Magelang

Saya mencoba untuk mengevaluasi website yang dimiliki oleh kampus Universitas Muhammadiyah Magelang khususnya yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi. Sebagai salah satu fakultas dengan jumlah mahasiswa yang cukup signifikan, sudah selayaknya Fakultas Ekonomi mempunyai sarana komunikasi yang cukup mumpuni. Penetrasi internet yang setiap hari semakin meningkat setidaknya membuat kepemilikan website atau sarana komunikasi online bertambah penting.

G. 02(c) FE Universitas Muhammadiyah Magelang
Berikut adalah analisa lengkap terkait dengan website yang miliki oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Magelang:
  1. Tanda nomer satu menandakan bahwa hampir setiap link atau tautan yang berada di website FE UMM tidak berfungsi. Ketika link atau tautan pada nomer satu tersebut diklik yang akan muncul adalah halaman yang menyatakan bahwa halaman tersebut tidak ditemukan. Hal tersebut menunjukkan bahwa fungsionalitas web tersebut sangat minimal.
  2. Tanda nomer dua menunjukkan terdapat bagian yang belum selesai dikerjakan. Bagian tersebut seharusnya berisi suatu informasi, namun karena suatu alasan tidak terdapat konten pada bagian tersebut.
  3. Tanda nomer tiga menunjukkan fungsi penghitung pengunjung halaman. Sebenarnya konsep penghitung kunjungan tersebut sudah sangat kuno, dan justru menunjukkan kelemahan web FE UMM. Bayangkan saja dalam jangka waktu satu bulan web FE hanya dikunjungi oleh 99 orang.
    G. 03 (c) FE Universitas Muhammadiyah Magelang
  4. Kasus nomer 4 hampir sama dengan kasus pertama yaitu tautan yang tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Ketika tautan tersebut kita klik yang muncul adalah halaman seperti pada gambar G.04
  5. Kasus nomer 5 hanya kurangnya informasi yang terdapat pada bagian tersebut. Sebenarnya pada bagian tersebut dapat diisi dengan informasi yang lebih bermanfaat dan dinamis.
  6. Kasus nomer 6 sama dengan kasus nomer 4 dan 1 yaitu tautan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika tautan tersebut kita klik yang muncul adalah halaman seperti pada gambar G.04
  7. Fungsi pendaftaran tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Ketika kita mencoba untuk melakukan daftar maka yang muncul hanyalah halaman seperti pada gambar G.04
  8. Fungsi nomer juga tidak berfungsi seperti yang seharusnya, karena ketika kita buka yang muncul hanyalah halaman dengan isi seperti pada gambar G.04
    G.04 (c) FE Universitas Muhammadiyah Magelang
  9. Fungsi 9 sebenarnya cukup penting namun saya meragukan fungsionalitasnya dan juga alur penanganan setelah formulir tersebut diisi. Apakah terdapat tindakan lebih lanjut terkait dengan hal tersebut.
  10. Permasalahan ke-sepuluh yang saya temui adalah waktu akses website yang sangat lama. Secara kuntitatif kecepatan untuk membuka website FE UMM adalah 7 detik. Namun, dengan menggunakan koneksi yang dimiliki oleh orang Indonesia rata-rata kecepatan yang didapat jauh lebih lama.
    G.06 (c) FE Universitas Muhammadiyah Magelang
  11. Web FE UMM sendiri diletakkan di jaringan yang dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia. Disatu sisi mereka memang merupakan salah satu pemain yang besar di bidang ICT, namun dalam bidang hosting mereka bukannya market leader. Biaya hosting yang dikenakan oleh PT Telkom jauh lebih mahal dengan kuota yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan penyedia yang lainnya.
    G.05 (c) FE Universitas Muhammadiyah Magelang
  12. Sebenarnya web FE UMM mempunyai komponen yang cuup ringan. Hanya terdapat 45 objek saja. Bandingkan dengan website-website besar lainnya yang bisa mempunyai komponen sebanyak ratusan, namun tetap bisa berlari kencang. Saya menilai bahwa pengembang web FE UMM belum mempunyai pengalaman, dan menggunakan teknologi yang abal-abal.
    G.07 (c) FE Universitas Muhammadiyah Magelang
Setelah memaparkan sedikit tentang kekurangan yang dimiliki web FE UMM, saya memberikan kesimpulan bahwa sebenarnya website tersebut sangat tidak layak untuk ditampilkan ke publik. Web sebenarnya merupakan salah satu media yang penting dan strategis untuk melakukan komunikasi dengan civitas akademik di lingkungan FE UMM. Namun, dengan posisi seperti itu dan fungsionalitas yang dapat saya katakan hanya asal hidup menunjukkan bahwa terdapat ketidakseriusan dari pihak pengelola.

No comments: